TAK hanya bagi orangtua, harga diri juga penting bagi anak-anak. Harga diri tersebut akan memengaruhi perilaku bahkan kesehatannya kelak.

Mempunyai harga diri yang tinggi dapat memberikan rasa percaya diri untuk menghindari tekanan yang memengaruhi mereka pada masa remaja nanti, terkait dengan perilaku yang tidak baik dan tidak produktif.

Salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri anak adalah dengan mengajarinya untuk menghadapi kerugian atau kegagalan secara konstruktif.

Menyikapinya dengan mengevaluasi mengapa ternyata hal-hal yang mereka lakukan tidak seperti yang diidamkan, bertanya kepada diri sendiri bagaimana caranya agar lain waktu bisa lebih baik lagi serta akhirnya bisa menerima dan berkurangnya rasa penyesalan. Mengajarkan anak-anak untuk mengubah tuntutan mereka untuk preferensi.

Tegaskan kepada anakanak bahwa tidak ada alasan mereka harus mendapatkan segala sesuatu yang mereka inginkan dan bahwa mereka tidak perlu merasa marah juga.

Dorong mereka untuk bekerja melawan kemarahan dengan menetapkan contoh yang baik dan menguatkan mereka ketika mereka menampilkan ekspresi emosi yang dapat diterima daripada menunjukkan kemarahan yang tidak terkendali. Biasakan anak Anda untuk meminta apa yang mereka inginkan secara tegas, bukan merengek.

Namun, beri kesan bahwa tidak ada jaminan mereka akan mendapatkannya. Ajak mereka untuk berpartisipasi dalam memenuhi keinginan mereka. Biarkan anak-anak tahu bahwa mereka menciptakan dan bertanggung jawab atas perasaan yang mereka alami.

Hindari menyalahkan anak-anak untuk menunjukkan bagaimana perasaan Anda. Pengembangan hobi dan minat juga sangat memengaruhi harga diri seorang anak.

Dengan hobi mereka akan kesenangan yang dapat mereka lakukan secara mandiri. Selain itu, Anda juga perlu membantu anak-anak menyelesaikan perselisihan mereka sendiri antara saudara dan teman-teman sama.

Nah, salah satu hal kecil yang akan membuat anak merasa dihargai adalah pujian. Menggunakan apa yang disebut pujian deskriptif membiarkan anak Anda tahu ketika mereka melakukan sesuatu dengan baik.

Anda harus menjadi terbiasa mencari situasi di mana anak Anda melakukan pekerjaan dengan baik atau menampilkan bakat. Ketika anak Anda menyelesaikan tugas atau tugas, Anda dapat mengatakan, ”Saya sangat suka cara kamu menegakkan kamar kamu.Kamu bisa menemukan tempat untuk setiap hal dan menempatkan setiap benda di tempatnya.”

Ajarkan anak Anda untuk berlatih membuat pernyataan diri yang positif. Self-talk adalah sangat penting dalam segala sesuatu yang kita lakukan. Psikolog telah menemukan bahwa percakapan diri negatif yang ada dibalik depresi dan kecemasan. Apa yang kita pikirkan menentukan bagaimana kita merasa dan bagaimana perasaan kita menentukan bagaimana kita bersikap.

Kritik apalagi ejekan, hanya akan menurunkan rasa percaya diri si kecil. Untuk itu, sebisa mungkin hindari kritik yang mengambil bentuk ejekan atau hal yang memalukan.

Kadang-kadang perlu untuk mengkritik tindakan anak dan ini tepat bahwa orangtua melakukannya. Namun, ketika kritik diarahkan kepada anak sebagai pribadi dapat dengan mudah memburuknya menjadi cemoohan atau rasa malu.