Map Objects 
Apa itu MapObjects 2.1? MapObjects adalah salah satu software keluaranEsri untuk membangun suatu aplikasi Gis (Geographic Information System) berbasis desktop. sayangnya Esri sudah tidak menjual lagi software ini.. :D

karena berbasis desktop, aplikasi ini hanya memenuhi kebutuhan stand alone PC, alias hanya bisa di akses di satu komputer. jadi tidak ada hubungannya dengan aplikasi Web..
MapObjects dipakai bersama-sama dengan software development Microsoft Visual Basic 6.0 (VB 6). MapObject diinstal setelah selesai instalasi VB 6. cara menggunakannya adalah dengan menambahkan Controls ‘ESRI MapObjects 2.1′ pada file Project.
Project –> Components

Apabila Controls tersebut ditambahkan, akan muncul Component ‘Map’ pada Toolbox seperti gambar dibawah:

Control MapObjects lain seperti ‘Legend Control’ juga bisa ditambahkan, tergantung kebutuhan dari aplikasi yang dibangun.
sebelum membangun aplikasi GIS menggukan MapObjects, modal yang sebaiknya dimiliki adalah kemampuan bahasa pemrograman Visual Basic dan setidaknya sudah mengetahui lingkungan MS Visual basic 6.0 itu sendiri.
berikut adalah salah satu contoh tampilan aplikasi yang dibangun menggunakan MapObjects

ArcInfo adalah desktop yang paling lengkap GIS. Ini mencakup semua fungsi dan ArcEditor maju ArcView dan menambahkan analisis spasial, manipulasi data yang ekstensif, dan high-end alat pemetaan. Organisasi menggunakan kekuatan ArcInfo setiap hari untuk membuat, mengedit, dan menganalisa data mereka dalam rangka untuk membuat keputusan yang lebih baik, lebih cepat.ArcInfo adalah standar de facto untuk GIS.
ArcInfo (sebelumnya disebut ARC / INFO) adalah fitur penuh sistem informasi geografis yang dihasilkan oleh ESRI, dan merupakan tingkat tertinggi perizinan (dan karena itu fungsi) di ArcGIS Desktop lini produk. Ini pada awalnya sebuah baris perintah sistem berbasis. Baris perintah kemampuan pemrosesan kini tersedia melalui GUI dari produk ArcGIS Desktop.
Dengan ArcInfo, Anda dapat :
• Lakukan analisis data GIS maju dan pemodelan.
• Manfaatkan alat yang dirancang untuk analisis overlay, kedekatan analisis, analisis permukaan, dan raster pengolahan dan konversi.
• Menerbitkan dan mengkonversi data dalam berbagai format.
• Membuat dan mengelola geodatabases pribadi, Multiuser geodatabases, dan fitur dataset.
• High-end menggunakan pemetaan alat untuk menghasilkan berkualitas profesional, publikasi-siap peta.
• Desain disesuaikan simbol dan tempat yang canggih penjelasandan label pada peta.

ArcEditor GIS adalah sebuah sistem desktop yang kuat untuk mengedit dan mengelola data geografis. Ini termasuk semua fungsi ArcView bersama dengan pengeditan lanjutan tambahan alat untuk menjamin kualitas data Anda. ArcEditor mendukung single-user dan multiuser editing, memungkinkan Anda untuk memutuskan sambungan dari database dan edit di lapangan.
Dengan ArcEditor, Anda dapat :
• Mengijinkan beberapa pengguna untuk secara bersamaan memodifikasi dan mengedit data yang sama.
• Membangun dan memelihara hubungan spasial antara topologi fitur menggunakan aturan dan proses yang disebut validasi.
• Mendukung berbagai workflow, mengelola tata kerja pengolahan, dan menerapkan prosedur QA untuk mengesahkan suntingan.
• Memonitor database dari waktu ke waktu dan mengevaluasiapa-jika skenario.
• Lakukan raster-to-vektor konversi dan membuat data dari peta discan.

ArcReader adalah gratis, mudah menggunakan pemetaan desktop aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melihat, mengeksplorasi, dan mencetak peta dan bola dunia. Siapa pun yang dapat melihat ArcReader berkualitas tinggi peta interaktif yang ditulis oleh tingkat yang lebih tinggi produk ArcGIS Desktop dan diterbitkan dengan Penerbit ArcGIS ekstensi.
Dengan ArcReader, Anda dapat :
• View, arahkan, dan mencetak peta menggunakan ArcGIS diterbitkan ArcReader (. Pmf file).
• Menempatkan data GIS untuk pemula dan para profesional.
• Zoom, panci, dan beralih di antara peta dan tampilan tata letak halaman.
• Berkomunikasi dengan lebih efisien dengan kemampuan untuk grafis mark up peta.
• Cetak peta dan bola dunia diterbitkan dokumen termasuk semua lapisan simbologi dan peta kartografi elemen pada printer yang didukung.
• Buat ArcReader kustom aplikasi dan kemampuan ArcReader embed ke aplikasi yang telah ada.

ArcView adalah sistem informasi geografis (GIS) software untuk visualisasi, mengelola, menciptakan, dan menganalisis data geografis. Menggunakan ArcView, Anda dapat memahami konteks geografis data Anda, sehingga Anda dapat melihat pola-pola hubungan dan mengidentifikasi cara-cara baru.
Dengan ArcView, Anda dapat :
• Penulis peta dan berinteraksi dengan data Anda dengan menghasilkan laporan dan grafik dan pencetakan serta embedding peta Anda dalam dokumen dan aplikasi lain.
• Menghemat waktu menggunakan template peta untuk menciptakan gaya konsisten dalam peta.
• Proses membangun model, script, dan alur kerja untukmemvisualisasikan dan menganalisa data Anda.
• Membaca, impor, dan mengelola lebih dari 70 data yang berbeda jenis dan format termasuk demografi, fasilitas, gambar CAD, pencitraan, layanan Web, multimedia, dan metadata.
• Berkomunikasi dengan lebih efisien dengan mencetak, penerbitan, dan berbagi data GIS dan konten dinamis dengan orang lain.
• Gunakan alat seperti Find, Mengidentifikasi, Ukur, dan Hyperlink untuk menemukan informasi yang tidak tersedia ketika bekerja dengan kertas statis peta.
• Membuat keputusan yang lebih baik dan memecahkan masalahlebih cepat.

Manifold System adalah sebuah sistem informasi geografis (SIG) paket perangkat lunak yang dikembangkan oleh manifold.net yang berjalan pada Microsoft Windows. Lunak GIS bersaing denganESRI dan MapInfo produk GIS. 7,00 manifold menangani kedua vektor dan data raster, spasial termasuk SQL, built-in Internet Map Server (IMS), dan fitur GIS umum lainnya. Sistem manifold memiliki komunitas pengguna yang aktif dengan mailing list dan forum online.

Integraph adalah sebuah alat yang digunakan dalam matematika untuk memplot integral grafis didefinisikan sebuah fungsi.
Autodesk, Inc (NASDAQ: ADSK) adalah Amerika perusahaan multinasional yang memfokuskan pada 2D dan 3D desain perangkat lunak untuk digunakan dalam arsitektur, rekayasa dan konstruksi bangunan, manufaktur, dan media dan hiburan. Autodesk didirikan pada 1982 oleh John Walker, seorang rekan penulis versi awal perusahaan andalan CAD produk perangkat lunak AutoCAD, dan dua belas orang lain. Hal ini bermarkas di San Rafael, California.
Autodesk tak diragukan lagi memiliki menjadi terkenal karena andalannya CAD software AutoCAD. Hari ini, Autodesk adalah terbesar di dunia software desain perusahaan, dengan lebih dari 9 juta pengguna di seluruh dunia, dan perusahaan baru-baru ini bernama angka 25 pada Perusahaan Cepat daftar “The World’s 50 Most Innovative Companies.”
Autodesk telah mengembangkan portofolio luas prototipe digital solusi untuk membantu pengguna memvisualisasikan, simulasi, dan menganalisa kinerja dunia nyata sepanjang proses desain. Perusahaan ini juga menyediakan pembuatan media digital dan perangkat lunak manajemen di semua media dan hiburan disiplin, dari film dan televisi efek visual, warna grading, dan mengedit untuk animasi, game, dan desain visualisasi.

Aplikasi Web GIS
         Dalam tulisan ini saya akan sedikit membahas tentang fitur-fitur dan tools yang ada pada aplikasi Web GIS, dibawah ini saya menggunakan contoh Web GIS Departemen Kehutanan dan departemen pertanian di Indonesia.
     1.  Departemen Kehutanan
         Pada Web GIS Departemen kehutanan memiliki banyak sekali fitur-fitur yang berhubungan dengan keadaan hutan di Indonesia, contohnya :
a.       Menampilkan peta menggunakan virtual earth
b.       Menyajikan peta interaktif
c.       Peta dapat di cetak atau di unduh dalam bentuk Pdf atau JPG
Database yang digunakan dalam web ini adalah ArcGIS Server Tile Service.
Tools yang digunakan : ArcGIS, ArcGIS Explorer, ArcGIS JavaScript, Google Earth dan Virtual Earth
Berikut tampilan halaman home web gis departemen kehutanan di bawah ini.

Berikut contoh halaman untuk mencetak peta di bwah ini.

Mobile Web GIS
Diatas telah diberikan beberapa contoh GIS yang disajikan dalam bentuk webdesktop, disini saya pun akan memberikan contoh mobile web GIS :
mymenoo menyajikan segala info yang berhubungan dengan menu makanan, yang didalamnya tidak hanya terdapat info lokasi, bahkan harga dan bentuk makanan pun di tampilkan dalam aplikasi mobile ini.
Fitur-fitur yang ada pada mymenoo adalah : sleek design, user reviews, ratings, game mechanism, map integration, complete places information, social network, dan Augmented Reality
Tools yang digunakan : Augmented Reality, google map
 Berikut tampilan mymenoo.
link diatas merupakan Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Lokasi Perguruan Tinggi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakara buatan anak negeri Indonesia.
Didalamnya terdapat beberapa fitur yaitu pengecekan posisi user, koordinat user, kalkulasi jarak terdekat (menggunakan metode haversine), info marker, rute perguruan tinggi (memanfaatkan API Google Map), cek akreditasi jurusan, serta cek info beasiswa.
Tools yang digunakan : API Google Map
Berikut ini beberapa tampilan.